10 Teknik Negosiasi untuk Pengusaha

10 Teknik Negosiasi untuk Pengusaha

10 Teknik Negosiasi untuk Pengusaha – Baik mereka baru lulus kuliah atau siap menjadi bos bagi diri mereka sendiri, banyak pemimpin bisnis mengambil rute kewirausahaan sehingga mereka dapat menikmati lebih banyak kebebasan dan membuat dampak yang lebih besar. Memulai bisnis atau bergabung dengan perusahaan sebagai salah satu karyawan pertamanya adalah saat yang menyenangkan, tetapi juga menegangkan. Membangun hubungan baru, memperoleh pendanaan, dan meningkatkan staf adalah langkah penting bagi bisnis startup untuk tumbuh. Startup membutuhkan pemimpin yang kuat untuk membantu mengambil langkah pertama tersebut.

Teknik perantara yang kuat sangat penting bagi mereka yang berada dalam kepemimpinan. Teknik negosiasi berguna saat merekrut karyawan baru, menemukan calon investor, dan menutup kesepakatan dengan vendor, klien, atau pemasok. Sebelum memasuki negosiasi, penting untuk memoles keterampilan perantara.

Di bawah ini adalah 10 Teknik Negosiasi untuk Pengusaha.

Dipersiapkan

Pemimpin perlu melakukan pekerjaan rumah mereka. Mereka perlu meneliti klien atau calon karyawan sebelumnya, dan para pemimpin perlu mengetahui apa yang mereka inginkan dari kesepakatan menggunakan data dan statistik.

Lakukan Langkah Pertama

Saat menengahi kesepakatan, orang yang menyerang memiliki keuntungan. Mereka memiliki kendali atas negosiasi karena mereka telah menetapkan dasar atau langit-langit kesepakatan.

Tinggalkan Ego

Negosiator terbaik meyakinkan pihak lain bahwa kesepakatan itu adalah ide mereka. Hubungan antara kedua belah pihak akan lebih mudah berkembang ketika klien merasa seolah-olah dia “memenangkan” negosiasi.

Dengar, Dengar, Dengar

Mendengarkan memungkinkan para pemimpin untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tujuan dan keinginan. Mendengarkan membantu para pemimpin memutuskan apakah ini adalah kesepakatan untuk berkomitmen atau meninggalkan, serta bagaimana membentuk sebuah penawaran.

Berkolaborasi

Stuart Diamond, seorang profesor di University of Pennsylvania, adalah salah satu pakar negosiasi terkemuka di dunia. Diamond mengatakan “negosiasi bukanlah kompetisi, ini kolaborasi.” Ketika para pemimpin percaya bahwa satu-satunya hasil adalah mendapatkan 100 persen dari apa yang mereka inginkan, maka mereka akan berjuang untuk mencapai kesepakatan. Lebih baik berkolaborasi dengan lawan sehingga kedua belah pihak meninggalkan meja dengan senang hati dan terbuka untuk mengejar kesepakatan di masa depan.

Bersiaplah untuk Menyerahkan Sesuatu

Menggunakan teknik kolaboratif berarti bersiap untuk menyerahkan sesuatu. Apakah pemimpin menyerahkan lebih banyak ekuitas perusahaan atau menerima ekspektasi gaji yang lebih tinggi, kolaborasi terkadang membutuhkan kondisi yang kalah untuk membuat kesepakatan.

Jangan Takut Bertanya

Seperti kata pepatah lama, Anda tidak pernah tahu sampai Anda bertanya. Jika seorang pemimpin membuat argumen yang kredibel, ada kemungkinan klien bisa menerimanya.

Tetap pada Prinsip

Para pemimpin beroperasi dengan seperangkat prinsip panduan, baik pribadi maupun perusahaan, yang tidak boleh dikompromikan. Jika negosiasi melewati batas, mungkin sudah waktunya untuk pergi.

Gunakan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengelola emosi dan menunjukkan empati terhadap lawan bicara Anda. Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi adalah teknik negosiasi utama dan dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan antara kedua belah pihak.

Tawarkan dan Harapkan Komitmen

Salah satu aspek terpenting dari suatu kesepakatan adalah menindaklanjuti, baik dalam surat maupun maksud dari perjanjian tersebut. Menjunjung tinggi kesepakatan akan meningkatkan reputasi pemimpin, yang dapat membantu kesepakatan di masa depan.

Menjadi Negosiator Ahli

Sebagai pemimpin bisnis, sangat penting bagi Anda untuk menjadi ahli dalam bernegosiasi untuk kesuksesan perusahaan atau bisnis Anda. Anda dapat mempelajari semua kunci sukses dalam negosiasi melalui program MBA online Alvernia University. Manfaat MBA online mereka sangat berharga, dan Anda akan mengambil pengetahuan mendalam tentang manajemen bisnis, komunikasi, pemasaran, dan keuangan, memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam negosiasi. Selain itu, format online program mereka memungkinkan Anda untuk melanjutkan pendidikan saat Anda bekerja dari mana saja di dunia, memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan sekolah Anda dengan kehidupan sibuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.