5 Cara Fintech Mengubah Perbankan

5 Cara Fintech Mengubah Perbankan

5 Cara Fintech Mengubah Perbankan – Pada tahun 2021, industri perbankan sedang mengalami disrupsi. Teknologi keuangan, yang secara umum disebut sebagai fintech, mengubah cara bank melakukan bisnis. Fintech memberikan tingkat persaingan dan inovasi yang belum pernah dilihat oleh industri perbankan tradisional selama beberapa dekade dan memaksa para pemain utama untuk bereaksi.

Fintech menghadirkan lebih banyak pilihan dan kekuatan bagi masyarakat. Ini memberi orang dan bisnis solusi keuangan yang bermanfaat bagi mereka, bukan hanya untuk lembaga keuangan itu sendiri. Fintech telah perlahan mengubah industri perbankan selama beberapa tahun sekarang, tetapi dengan peristiwa dunia dan kesuksesan sebelumnya, dampak fintech pada perbankan kini tumbuh lebih cepat dari sebelumnya. Para profesional memanfaatkan bootcamp fintech untuk membawa perusahaan mereka ke tingkat berikutnya.

Di tahun-tahun mendatang, fintech seharusnya hanya terus tumbuh menonjol dan terus mengganggu industri perbankan dengan cara yang semakin besar. Cara-cara ini secara mendasar akan mengubah dunia perbankan dan bagaimana orang dan bisnis berinteraksi dengan lembaga keuangan.

Menurut Liventus, solusi fintech semakin penting untuk memberikan pengalaman perbankan yang optimal. Berikut 5 Cara Fintech Mengubah Perbankan.

  1. Fintech menyediakan lebih banyak pilihan

Sudah biasa di AS, serta beberapa negara lain di dunia, bagi ikan besar untuk menelan ikan yang lebih kecil dalam bisnis sampai hanya ada beberapa perusahaan raksasa yang mengendalikan seluruh industri. Hal ini terjadi di dunia perbankan selama beberapa dekade terakhir. Pilihan perbankan kami di awal tahun 2000-an cukup banyak baik “orang besar” – Bank of America, Citibank, Wells Fargo, dll – atau bank tabungan lokal kecil atau serikat kredit.

Kurangnya pilihan ini buruk bagi persaingan dan inovasi. Fintech mengubah itu. Semakin banyak solusi fintech memberi orang lebih banyak pilihan tentang di mana dan bagaimana mereka melakukan perbankan. Bank khusus digital menjadi alternatif yang layak untuk kebutuhan perbankan masyarakat. Bank seperti Ally, Chime, dan Dave semuanya mengalami pertumbuhan besar dalam beberapa tahun terakhir karena mereka menawarkan alternatif praktis bagi perusahaan besar. Menurut Forbes, pada pertengahan 2020, lebih dari 14 juta orang Amerika mengatakan bank khusus digital sekarang menjadi bank utama mereka.

  1. Fintech berarti biaya lebih sedikit

Tanyakan kepada siapa pun apa masalah terbesar mereka dengan perbankan di abad ke-21 dan jawaban yang kemungkinan besar akan Anda dapatkan lebih dari yang lain adalah biaya. Kenyamanan dan keberadaan bank-bank besar berarti mereka dapat memutuskan hampir semua biaya yang mereka inginkan untuk aspek kue apa pun yang ingin mereka kenakan. Biaya yang terkait dengan transfer uang dan melakukan pembayaran melalui lembaga perbankan adalah salah satu cara utama bank-bank besar ini menghasilkan begitu banyak uang. Fintech membantu mengubah itu.

Bahkan biaya solusi fintech yang mengenakan biaya secara signifikan lebih rendah daripada yang dibebankan oleh bank-bank besar. Selain itu, beberapa solusi fintech yang paling terkenal dan banyak digunakan secara langsung mengarah pada biaya pembayaran bank ini. Ini adalah sebagian besar alasan mengapa solusi fintech seperti PayPal dan Venmo menjadi begitu populer. Mereka membebankan biaya yang lebih kecil untuk bisnis dan seringkali tanpa biaya untuk pengguna pribadi. Ini adalah kemenangan besar bagi konsumen dan bisnis kecil. Solusi ini telah menjadi sangat sukses sehingga bank-bank besar telah menciptakan struktur produk serupa untuk bisnis mereka.

  1. Fintech membantu usaha kecil

Orang-orang biasa diuntungkan dari solusi fintech secara besar-besaran dan begitu juga usaha kecil yang biasanya dimulai oleh orang-orang biasa. Selera akan pinjaman usaha kecil di AS sangat besar. Namun, kemampuan untuk mendapatkan pinjaman usaha kecil dari bank besar bisa jadi sulit. Dengan permintaan yang besar, bank dapat memilih pemilik usaha kecil dengan kredit terbaik dan rekam jejak paling sukses untuk dipinjamkan. Itu membuat banyak usaha kecil tidak dapat memperoleh dana.

Solusi Fintech lebih bersedia mengambil risiko yang sedikit lebih besar pada usaha kecil dan berhasil melakukannya. Meskipun hal ini tidak serta merta menginspirasi bank-bank besar untuk lebih bebas dengan pinjaman usaha kecil mereka, hal ini mengubah cara dunia perbankan dan usaha kecil berinteraksi. Pemberi pinjaman Fintech seperti Kabbage, Fundbox, dan Lendio adalah pemimpin di bidang ini yang membantu pertumbuhan bisnis kecil.

5 Cara Fintech Mengubah Perbankan

  1. Fintech membuat perbankan lebih cepat

Salah satu cara fintech yang paling jelas mengubah perbankan adalah dengan membuatnya lebih cepat, lebih mudah, dan lebih nyaman. Mereka mencapai ini dengan cara yang terlihat jelas oleh konsumen dan dengan cara lain yang mungkin tidak dapat dikenali. Kebanyakan orang bergaul dengan fintech melalui perbankan sederhana dan aplikasi layanan keuangan lainnya. Aplikasi ini memungkinkan perbankan dari mana saja kapan saja kenyamanan yang tidak selalu ditawarkan oleh bank-bank besar.

Cara lain perbankan menjadi lebih cepat dengan fintech dibangun ke dalam teknologi yang digunakan. Solusi Fintech berada di ujung tombak teknologi atau layanan pelanggan di berbagai bidang seperti kecerdasan buatan atau penasihat keuangan robot. Teknologi ini menghilangkan kebutuhan untuk menunggu manusia tersedia sehingga mempercepat seluruh proses.

  1. Fintech membuka kemungkinan baru yang revolusioner

Pada tahun 2021, mungkin bukan hanya dunia perbankan saja yang berubah. Seluruh sistem keuangan di seluruh dunia mungkin akan terbalik di tahun-tahun mendatang. Jika ya, fintech akan memainkan peran utama. Teknologi Blockchain dan cryptocurrency memiliki kekuatan untuk secara besar-besaran mengubah seluruh pasar keuangan global dalam beberapa tahun dan dekade mendatang. Jika ya, ia tidak akan berhutang banyak kepada solusi fintech yang saat ini merangkul mata uang digital baru ini jauh lebih banyak daripada lembaga keuangan tradisional.

Kesimpulan

Selama bertahun-tahun, industri perbankan relatif statis di luar bank-bank besar yang mengkonsolidasikan kekuatan mereka. Itu telah berubah drastis di abad ke-21 dengan munculnya solusi fintech. Solusi ini mengganggu industri dan mengubahnya dengan cara yang baik untuk individu dan perusahaan kecil. Seiring berjalannya tahun 2020-an, kita mungkin tidak tahu semua cara fintech akan mengubah industri ini, tetapi kita dapat yakin bahwa itu akan terus berlanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.