6 Tips Merawat Kendaraan Anda Selama Musim Panas

6 Tips Merawat Kendaraan Anda Selama Musim Panas

6 Tips Merawat Kendaraan Anda Selama Musim Panas – Meskipun Anda mungkin senang bahwa musim panas telah tiba dan Anda dapat menikmati waktu di pantai dan semuanya, panasnya membawa tantangan tersendiri bagi kendaraan Anda. Oleh karena itu, perawatan mobil harus dilakukan agar performanya tetap optimal.

Untuk mempersiapkan kendaraan Anda menghadapi kondisi cuaca panas dan mencegah tagihan yang tinggi di kemudian hari.

Ikuti 6 Tips Merawat Kendaraan Anda Selama Musim Panas

  1. Periksa pendingin Anda

Selama musim panas, pekerjaan pendingin Anda untuk mendinginkan kendaraan Anda tiga kali lipat. Tidak kalah pentingnya untuk menjaga tubuh kita tetap sejuk di tengah teriknya panas matahari, juga bermanfaat untuk mobil Anda. Selain menjaga kendaraan Anda dari panas berlebih, cairan pendingin juga melindungi dari korosi dan juga melumasi pompa air Anda. Pendingin juga memberikan pendinginan yang cukup untuk interior mobil Anda.

Seiring waktu, cairan pendingin biasanya menurun dan kehilangan efektivitasnya, jadi Anda harus mulai dengan memeriksa ketinggian cairan pendingin dan mengisinya sesuai kebutuhan. Setelah cairan pendingin naik ke permukaan, selanjutnya periksa reservoir cairan pendingin dan selang-selangnya. Pastikan tidak ada kebocoran, terutama pada titik konektor dan sambungan tempat selang dan blok mesin terhubung.

Jika Anda dapat mengingat kapan terakhir kali Anda mengganti cairan pendingin, Anda dapat menggunakan penguji antibeku untuk menentukan kualitas cairan pendingin. Ini juga akan membantu meremas selang cairan pendingin dengan lembut, dan jika terasa lunak, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya. Selang umumnya harus terasa kencang saat ditekan.

  1. Periksa semua cairan Anda

Memastikan bahwa kendaraan Anda siap untuk cuaca panas sangat penting. Dan salah satu hal yang harus ada dalam daftar periksa Anda adalah cairan penting. Ini adalah cairan seperti oli, minyak rem, power steering, dan washer kaca depan. Penting juga untuk diingat bahwa ini digunakan sepanjang tahun dan secara bertahap kehilangan efektivitasnya atau mengering.

Mulailah dengan memeriksa level oli di mesin dengan menggunakan dipstick. Jika levelnya rendah, isi ulang dengan oli berkualitas tinggi yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda. Setelah level oli diisi berikutnya, Anda harus memeriksa reservoir washer kaca depan Anda dan menambahkan larutan pembersih tahan UV ke dalam campuran.

Minyak rem mudah untuk mengetahui apakah mereka hampir habis karena ketika Anda menggunakan rem, Anda akan melihat rem kurang menggigit atau terasa kenyal. Jika Anda merasakannya, maka Anda mungkin perlu melakukan bleeding sistem sebelum mengganti bantalan rem.

  1. Sesuaikan tekanan ban

Udara di dalam ban biasanya mengembang dan berkontraksi sepanjang tahun: semakin dingin suhunya, semakin banyak udara yang Anda butuhkan untuk ban Anda. Dan sebaliknya terjadi selama bulan-bulan hangat karena udara di ban mengembang.

Jika Anda memberi kompensasi berlebihan selama bulan-bulan yang lebih dingin, ini akan memberi tekanan tambahan pada ban yang menyebabkan traksi dan daya rekat permukaan berkurang. Menambah atau mengurangi tekanan ban sesuai dengan cuaca meningkatkan keselamatan Anda di jalan.

Cara terbaik untuk menyesuaikan tekanan ban Anda adalah pergi ke bengkel dan menggunakan salah satu unit isi ulang udara otomatis tersebut. Sebelum menyesuaikan tekanan ban Anda, lihat manual mobil Anda untuk menentukan tekanan dan suhu optimal. Setelah Anda mengetahui nomornya, Anda mengetuknya pada tampilan digital, dan mesin isi ulang otomatis akan melakukan sisanya untuk Anda.

Jika Anda melakukannya secara manual di rumah, pastikan Anda menggunakan pompa kaki dengan pengukur tekanan untuk menghindari pengisian ban yang berlebihan. Tingkatkan tekanan ban selama musim dingin dan kurangi selama bulan-bulan musim panas.

6 Tips Merawat Kendaraan Anda Selama Musim Panas

  1. Bersihkan filter udara

Selama musim gugur dan musim dingin, banyak kotoran dapat masuk ke filter udara dan menghalanginya. Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh daun yang membusuk atau bahan organik. Mereka tidak hanya memblokir filter udara, tetapi juga dapat menyumbat nozel mesin cuci kaca depan. Kendaraan modern memiliki filter yang menyaring serbuk sari dan polusi, jadi pastikan Anda memeriksanya juga.

Anda dapat mulai membersihkan filter udara dengan menghilangkan kotoran yang Anda lihat untuk memberi Anda akses yang jelas ke filter udara. Jika filter udara Anda terlihat tersumbat, lepaskan dan bersihkan secara menyeluruh menggunakan udara bertekanan. Jangan gunakan air apa pun karena ini akan menyebabkan kotoran menempel pada filter udara.

Sebagian besar kendaraan modern memiliki filter kabin, yang biasanya mudah dilepas dan dibersihkan, memastikan filter tersebut bebas dari debu, kotoran, atau serpihan. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara membersihkannya, filter udara akan membawa kendaraan Anda ke ahlinya.

  1. Periksa sistem pendingin udara Anda

Penyejuk udara adalah penyelamat saat musim panas berada di puncaknya, dengan suhu tinggi memberikan aliran udara yang sejuk di bagian dalam kendaraan Anda. Kemungkinan besar, Anda belum pernah menggunakan AC selama musim dingin, dan Anda mungkin mengalami kebocoran yang memungkinkan refrigeran keluar. Tidak ada yang lebih buruk daripada menyalakan AC Anda untuk mengetahui bahwa itu tidak berfungsi saat Anda sangat membutuhkannya.

Kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, pilihan terbaik adalah membawa mobil Anda ke bengkel mobil jika Anda melihat AC tidak berfungsi. Jika Anda memiliki banyak kebocoran pada AC, pastikan mekanik Anda memperbaikinya sebelum mengisi ulang sistem AC. Meskipun Anda biasanya tidak menggunakan AC selama musim dingin, pastikan Anda sering menyalakannya agar tidak rusak saat Anda membutuhkannya.

  1. Pasang kerai

Matahari dapat dengan cepat memanaskan interior mobil Anda jauh melampaui batas aman. Bahkan selama awal musim semi, suhu di dalam mobil bisa melebihi 50 derajat Celcius. Kerai akan membantu mencegah jumlah perpindahan panas di dalam kendaraan Anda, mengurangi suhu keseluruhan di dalam mobil. Mereka juga dapat mencegah kursi dan dasbor memudar.

Sangat mudah untuk menemukan kerai di toko yang berbeda. Mereka datang dalam berbagai bahan seperti kerai aluminium, yang memberikan efisiensi maksimum. Memasang kerai adalah proses yang cepat dan mudah. Kerai akan membantu melindungi kendaraan Anda saat Anda memarkirnya di luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.